Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Implementasi
Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang
Deras Kabupaten Batubara (1) Penguatan Profil Pelajar Pancasila dari
Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan
Medang Deras Kabupaten Batubara (2) Peran guru dari Implementasi Kurikulum
Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras
Kabupaten Batubara (3). Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka
di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu
Bara diawali dari Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
(KSOP), Intra Kurikuler, Ekstrakurikuler, dan Program Tambahan. Terdapat
beberapa perubahan kebijakan dari implementasi kurikulum merdeka yaitu:
USBN diganti dengan Asasmen, Ujian Nasional (UN) diganti dengan Asasmen
Kompetensi Minimum (AKM), Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan
efektif, efisien, dan berpusat pada siswa, PPDB berbasis Zonasi dan Fleksibelitas
dana BOS. (2) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempunyai tahapan
yang dimulai dari tahap perencanaan porsi waktu dan aspek yang akan dipilih
dalam profil siswa Pancasila, tahap pembentukan kelompok atau pejabat
fasilitator, tahap pembedaan status sekolah, tahap penentuan mata pelajaran
umum, tahap penentuan poin-poin luar biasa dan eksplisit, serta tahap
perencanaan modul tugas. (3) Peran guru di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam
dalam meningkatkan pembelajaran dimulai dari menyusun perencanaan
pembelajaran, mendesain strategi pembelajaran, mengikuti pelatihan Platforn
Merdeka Mengajar (PMM), Proyek Profil Pelajar Pancasila, dan Menentukan
Asasmen Pembelajaran.