Research Repository

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAS AL WASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA

Show simple item record

dc.contributor.author ISKANDAR BARUS, WAHID
dc.date.accessioned 2024-07-23T03:26:46Z
dc.date.available 2024-07-23T03:26:46Z
dc.date.issued 2024-07-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24867
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (1) Penguatan Profil Pelajar Pancasila dari Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (2) Peran guru dari Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS AL-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara (3). Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara diawali dari Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KSOP), Intra Kurikuler, Ekstrakurikuler, dan Program Tambahan. Terdapat beberapa perubahan kebijakan dari implementasi kurikulum merdeka yaitu: USBN diganti dengan Asasmen, Ujian Nasional (UN) diganti dengan Asasmen Kompetensi Minimum (AKM), Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan efektif, efisien, dan berpusat pada siswa, PPDB berbasis Zonasi dan Fleksibelitas dana BOS. (2) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mempunyai tahapan yang dimulai dari tahap perencanaan porsi waktu dan aspek yang akan dipilih dalam profil siswa Pancasila, tahap pembentukan kelompok atau pejabat fasilitator, tahap pembedaan status sekolah, tahap penentuan mata pelajaran umum, tahap penentuan poin-poin luar biasa dan eksplisit, serta tahap perencanaan modul tugas. (3) Peran guru di MAS Al-Wasliyah Desa Pakam dalam meningkatkan pembelajaran dimulai dari menyusun perencanaan pembelajaran, mendesain strategi pembelajaran, mengikuti pelatihan Platforn Merdeka Mengajar (PMM), Proyek Profil Pelajar Pancasila, dan Menentukan Asasmen Pembelajaran. en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.title EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAS AL WASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account