Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI SMK BM Harapan Mekar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Starts With a Question
daam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar
mengelola kartu piutang siswa kelas XI SMK BM Harapan Mekar 2 Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa pada tes siklus I jumlah siswa
yang tuntas sebanyak 23 orang siswa dari 40 orang siswa dengan persentase
57,5% dan nilai rata-rata 72,02. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang
tuntas sebanyak 34 orang siswa dari 40 orang siswa dengan persentase 85,0% dan
niai rata-rata 82,67.
Dapat dsimpulkan bahwa adanya penerapan model pembelajaran
Learning Starts With a Question Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
siswa kelas XI SMK BM Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.