Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kepemimpinan kepala sekolah
SMA Muhammadiyah 1 Medan yang sedang dijalani saat ini, 2) mutu sekolah
SMA Muhammadiyah 1 Medan, 3) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Medan, 4) serta
melihat seberapa besar pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran
(mixed method), dengan design penelitian yaitu the exploratory sequential.
Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan dan
dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan
angket. Teknik analisis data kualitatif dalam hal ini menggunakan reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik analisis data
kuantitatif dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linear sederhana
dengan bantuan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25. Adapun
hasil dari penelitian ini yang bersumber dari data kualitatif dan kuantitatif
menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1
Medan efektif terhadap peningkatan mutu sekolah dengan gaya kepemimpinan
yang dijalani yaitu partisipatif-transformasional. Berdasarkan dari data penelitian
dapat disimpulkan bahwa efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu sekolah dapat dipengaruhi dan adanya hubungan dengan
indikator kinerja guru yang besarnya pengaruh yaitu 15.5%, iklim organisasi
sekolah sebesar 27.5%, peserta didik masuk perguruan tinggi 26%, prestasi prestasi peserta didik sebesar 31%, dan kelulusan peserta didik dalam mengikuti
Ujian Nasional 100% lulus.