Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh
Kegiatan Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI
SMK PAB 2 Helvetia T.A 2016/2017”?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Belajar Mandiri
Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.A
2016/2017”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat
di jalan Seruwai Medan Labuhan Belawan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia
T.A 2016 / 2017 yang berjumlah 37 orang, dengan sampel adalah seluruh siswa
kelas XI akuntansi yang berjumlah 37 siswa, dengan sampel adalah seluruh siswa
kelas XI yang berjumlah 37 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebanyak 20
item dan tes 13 soal. Analisis data menggunakan regresi linier, uji koefisien
determinasi, dan uji t.
Dan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa belajar mandiri
berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Ini dibuktikan dengan nilai
korelasi r = 0,609. Dan Tabel r Product Moment untuk N = 37 diperoleh r tabel =
0,325. Karena rhitung (O,6O9) > rtabel (0,325).
Nilai thitung adalah sebesar 4,538. dengan derajat kebebasan t = n-2 = 37-2
=35, dengan α 5%, maka thitung> ttabel (4,538>1,70) sehingga hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh harga α =
19,52 dan b=0,85, maka Y=19,52+80X.