Research Repository

Pengaruh Belajar Mandiri Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia

Show simple item record

dc.contributor.author Rahman, Sehat
dc.date.accessioned 2020-03-11T03:39:07Z
dc.date.available 2020-03-11T03:39:07Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2439
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Kegiatan Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.A 2016/2017”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.A 2016/2017”. Penelitian ini dilaksanakan di SMK SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di jalan Seruwai Medan Labuhan Belawan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.A 2016 / 2017 yang berjumlah 37 orang, dengan sampel adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 37 siswa, dengan sampel adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebanyak 20 item dan tes 13 soal. Analisis data menggunakan regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji t. Dan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa belajar mandiri berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Ini dibuktikan dengan nilai korelasi r = 0,609. Dan Tabel r Product Moment untuk N = 37 diperoleh r tabel = 0,325. Karena rhitung (O,6O9) > rtabel (0,325). Nilai thitung adalah sebesar 4,538. dengan derajat kebebasan t = n-2 = 37-2 =35, dengan α 5%, maka thitung> ttabel (4,538>1,70) sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh harga α = 19,52 dan b=0,85, maka Y=19,52+80X. en_US
dc.subject Belajar Mandiri en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Belajar Mandiri Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account