Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya kepemimpinan kepala
sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja Guru dimediasi oleh disiplin kerja di SMK Delima
Nusantara. Metodologi kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Semua Guru SMK Delima
Nusantara Medan menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 32
responden. Kuisioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya merupakan
teknik pengumpulan data yang digunakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah: (1) Analisis model pengukuran/measurement model analysis (outer model), (2)
Analisis model struktural/structural model analysis (inner model), dan (3) Uji sobel analisis
jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh Gaya kepemimpinan
terhadap kinerja Guru secara positif dan signifikandengan nilai 0,657, (2) pengaruh motivasi
terhadap kinerja Guru secara Negatif dan tidak signifikan dengan nilai -0,455 (3) pengaruh
Gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja Guru secara positif dan signifikan dengan nilai
0,302, (4) pengaruh motivasi terhadap disiplin kerja Guru secarapositif dan signifikan dengan
nilai 0,703, (5) pengaruh disiplin terhadap kinerja Guru secara positif. dan signifikan dengan
nilai 0,788, (6) pengaruh Gaya kepemimpinan terhadap kinerja Guru melalui disiplin kerja
secara positif dan signifikan dengan nilai 0,238 artinya disiplin kerja berperan sebagai
variabel intervening (mediator), dan (7) pengaruh motivasi terhadap kinerja melalui disiplin
kerja secara positif. dan signifikan dengan nilai 0,554 artinya disiplin kerja berperan sebagai
variabel intervening (mediator).