Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk pengembangan LKPD berbasis Quiet Book pada
materi bangun datar pada kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Medan untuk mengetahui
kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis Quiet Book pada materi bangun datar pada
kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Medan. Proses pengembangan LKPD berbasis Quiet
Book pada materi bangun datar pada kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Medan
dikembangkan melalui 5 tahap (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4)
Implementation (5) Evaluation. LKPD yang dikembangkan yaitu LKPD berbasis
Quiet Book dinyatakan valid digunakan sebagai LKPD dalam proses pembelajaran
pada kelas 3 SD Muhammadiyah 12 Medan. Dari hasil data validasi media
memperoleh penilaian 67 dengan presentase 89,33 % yang menunjukkan kriteria
sangat valid, penilaian ahli materi memperoleh penilaian 44 dengan presentase 97,78
% menunjukkan kriteria sangat valid, penilaian ahli bahasa dengan perolehan nilai 43
dengan presentase 95,56 % yang menunjukkana kriteria sangat valid dan tidak perlu
revisi. Setelah melakukan validasi dengan pra dosen ahli media, ahli materi, ahli
bahasa peneliti melakukan uji kepraktisan guru dan 10 siswa sebagai sampel dalam
penilaian angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 49,1 dengan presentase
sebesar 89,27 %. Dalam penilaian angket respon guru memperoleh penilaian 53
dengan presentase 96,36 % masuk dalam kategori sangat praktis dan tidak perlu
melakukan revisi sekaligus praktis digunakan dalam proses pembelajaran.