Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan
instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi guru
terhadap kinerja guru; (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru; (4)
pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi guru, disiplin
kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas/SMA Negeri di Kota Binjai. Terdapat 7
sekolah SMA Negeri di kota Binjai. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu Juni
2023 sampai dengan Agustus 2023. Untuk menganalisis data dan informasi yang
diperlukan, maka penulis menggunakan teknik data dimana digunakan pengujian
hipotesis setelah melalui tahapan-tahapan seperti menyebarkan angket. Untuk
menguji kualitas angket mengunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif, yakni
menggunakan perhitungan angka-angka kemudian menarik kesimpulan dari
pengujian tersebut, dengan sampel sebanyak 84 orang. Didapat hasil penelitiannya
adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan intruksional
dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif kepemimpinan
intruksional maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kota
Binjai hal ini didapat berdasarkan nilai Signifikannya sebesar 0,014 dan dapat
diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. artinya semakin tinggi dan
positif motivasi kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri
kota Binjai. Hal ini berdasarkan nilai Signifikasi yang diperoleh sebesar 0.022
diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel motivasi kerja dan dapat
diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan
positif disiplin kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri
kota Binjai hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel disiplin kerja
sebesar 0.039 dari nilai Signifikannya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan
kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama
kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja yang mana dapat
disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja
jika semakin tinggi dan positif kinerja guru dengan memberikan sumbangan
pengaruh sebesar kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja
secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja guru di SMA
Negeri Kota Binjai sebesar 88,6% dan 11,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya hal
ini bermakna bahwa adanya pengaruh kinerja guru dapat di diprediksi ketiga
variabel bebas tersebut.