Research Repository

PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author AHMAD NASUTION, RAUSIN
dc.date.accessioned 2024-06-25T01:57:25Z
dc.date.available 2024-06-25T01:57:25Z
dc.date.issued 2024-01-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24087
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru; (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi guru, disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas/SMA Negeri di Kota Binjai. Terdapat 7 sekolah SMA Negeri di kota Binjai. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu Juni 2023 sampai dengan Agustus 2023. Untuk menganalisis data dan informasi yang diperlukan, maka penulis menggunakan teknik data dimana digunakan pengujian hipotesis setelah melalui tahapan-tahapan seperti menyebarkan angket. Untuk menguji kualitas angket mengunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif, yakni menggunakan perhitungan angka-angka kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut, dengan sampel sebanyak 84 orang. Didapat hasil penelitiannya adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan intruksional dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif kepemimpinan intruksional maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kota Binjai hal ini didapat berdasarkan nilai Signifikannya sebesar 0,014 dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. artinya semakin tinggi dan positif motivasi kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri kota Binjai. Hal ini berdasarkan nilai Signifikasi yang diperoleh sebesar 0.022 diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel motivasi kerja dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif disiplin kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri kota Binjai hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel disiplin kerja sebesar 0.039 dari nilai Signifikannya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja yang mana dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja jika semakin tinggi dan positif kinerja guru dengan memberikan sumbangan pengaruh sebesar kepemimpinan instruksional, motivasi guru dan disiplin kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja guru di SMA Negeri Kota Binjai sebesar 88,6% dan 11,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya hal ini bermakna bahwa adanya pengaruh kinerja guru dapat di diprediksi ketiga variabel bebas tersebut. en_US
dc.subject Kepemimpinan Instruksional en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.subject Kinerja en_US
dc.title PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account