Research Repository

ANALISIS YURIDIS GANTI RUGI KEPADA PENUMPANG PESAWAT UDARA AKIBAT KETERLAMBATAN PENERBANGAN OLEH MASKAPAI PENERBANGAN (Studi Pada PT. Air Asia Indonesia, TBK)

Show simple item record

dc.contributor.author Kasih, .
dc.date.accessioned 2024-06-24T09:32:50Z
dc.date.available 2024-06-24T09:32:50Z
dc.date.issued 2024-06-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24047
dc.description.abstract Maskapai penerbangan saat ini seringkali melakukan penundaan penerbangan atau delay dengan berbagai alasan. Hal ini menyebabkan kerugian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab terhadap penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan dan upaya hukum apa yang dapat ditempuh oleh penumpang atas keterlambatan penerbangan. Semua ini karena perkembangan perusahaan pengangkutan udara, namun perkembangan itu tidak di sertai dengan adanya hak-hak penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan harus mengganti kerugian yang di derita penumpang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Upaya hukum yang dapat di tempuh oleh penumpang atau konsumen pengangkutan udara adalah meminta ganti rugi terhadap perusahaan pengangkutan udara. Penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian Yuridis Normatif dengan jenis penelitian yang deskriptif. Sedangkan untuk analisis data dipergunakan penelitian dar studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan penerbangan akhir-akhir ini banyak menimbulkan keluhan dan kritik dari pengguna jasa angkutan udara akibat kerugian yang mereka alami. Masih banyak maskapai penerbangan yang mencantumkan klausula baku di dalam tiket pesawatnya dengan tujuan pengalihan tanggung jawab. Oleh karena itu, diberlakukan suatu hukum untuk melindungi kepentingan konsumen secara khusus, agar hak-hak konsumen dapat terjamin perusahaan harus mengganti kerugian yang di derita penumpang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Upaya hukum yang dapat di tempuh oleh penumpang atau konsumen pengangkutan udara adalah meminta ganti rugi terhadap perusahaan pengangkutan udara. Meski kenyataannya tanggung jawab perusahaan pengangkutan udara tidak sepenuhnya di laksanakan sebagaimana mestinya. Sehingga upaya penyelesaian hukum itu perlu di lakukan dengan cara yang biasa di lakukan oleh konsumen adalah negosiasi antara penumpang dan pihak maskapai penerbangan yang berwenang en_US
dc.subject Maskapai Penerbangan en_US
dc.subject Tanggung Jawab en_US
dc.subject Ganti Rugi en_US
dc.title ANALISIS YURIDIS GANTI RUGI KEPADA PENUMPANG PESAWAT UDARA AKIBAT KETERLAMBATAN PENERBANGAN OLEH MASKAPAI PENERBANGAN (Studi Pada PT. Air Asia Indonesia, TBK) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account