Abstract:
Konsep iklan yang menarik dengan menghubungkan produk dengan nuansa
keindahan, kemajuan, kekayaan alam, kerja sama atau gotong-royong serta
perbedaan pada Indonesia ditampilkan oleh Telkomsel. Dengan tema atau judul
“semangat Indonesia”, per-tanggal 22 Maret 2024, iklan Telkomsel tersebut sudah
dilihat dan disaksikan sebanyak 17,5 juta kali. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana makna pesan yang terdapat pada setiap adegan (scene)
iklan dan juga untuk mengetahui maksud pesan dan informasi yang ingin
disampaikan Telkomsel kepada target pasarnya melalui iklannya yaitu Semangat
Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan metode
analisis semiotika oleh Charles Sanders Peirce yang menggunakan teori segitiga
makna atau teori triadic yang membagi data analisis menjadi tiga elemen yakni
tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Hasil dari penelitian ini
dapat diketahui bahwa makna dalam setiap adegan iklan Telkomsel semangat
Indonesia adalah Indonesia memiliki semangatnya sendiri yaitu semangat pantang
mundur, melewati berbagai halangan, bekerja sama, gotong-royong, dan saling
membantu, bersatu dan tidak memandang adanya perbedaan. Telkomsel melalui
iklan semangat Indonesia juga menyampaikan pesan atau informasi kepada target
pemasarannya yakni Telkomsel akan terus berinovasi, menciptakan kebersamaan,
membuka ruang demi masyarakat Indonesia, lebih peduli kepada masyarakat dan
bangsa Indonesia, membantu pergerakan perekonomian Indonesia dan
mengutamakan kemajuan bangsa Indonesia.