Research Repository

ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN TELKOMSEL SEMANGAT INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor.author FARHAN, SYUHADA
dc.date.accessioned 2024-06-22T07:44:03Z
dc.date.available 2024-06-22T07:44:03Z
dc.date.issued 2024-04-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24008
dc.description.abstract Konsep iklan yang menarik dengan menghubungkan produk dengan nuansa keindahan, kemajuan, kekayaan alam, kerja sama atau gotong-royong serta perbedaan pada Indonesia ditampilkan oleh Telkomsel. Dengan tema atau judul “semangat Indonesia”, per-tanggal 22 Maret 2024, iklan Telkomsel tersebut sudah dilihat dan disaksikan sebanyak 17,5 juta kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna pesan yang terdapat pada setiap adegan (scene) iklan dan juga untuk mengetahui maksud pesan dan informasi yang ingin disampaikan Telkomsel kepada target pasarnya melalui iklannya yaitu Semangat Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika oleh Charles Sanders Peirce yang menggunakan teori segitiga makna atau teori triadic yang membagi data analisis menjadi tiga elemen yakni tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa makna dalam setiap adegan iklan Telkomsel semangat Indonesia adalah Indonesia memiliki semangatnya sendiri yaitu semangat pantang mundur, melewati berbagai halangan, bekerja sama, gotong-royong, dan saling membantu, bersatu dan tidak memandang adanya perbedaan. Telkomsel melalui iklan semangat Indonesia juga menyampaikan pesan atau informasi kepada target pemasarannya yakni Telkomsel akan terus berinovasi, menciptakan kebersamaan, membuka ruang demi masyarakat Indonesia, lebih peduli kepada masyarakat dan bangsa Indonesia, membantu pergerakan perekonomian Indonesia dan mengutamakan kemajuan bangsa Indonesia. en_US
dc.subject Iklan Telkomse en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Charles Sanders Peirce en_US
dc.title ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN TELKOMSEL SEMANGAT INDONESIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account