Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Validitas, Kepraktisan, dan
Efektivitas media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang
dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa yang diberi
pembelajaran berbasis model Inquiri-Based Learning dengan menggunakan media
pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui
dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan
macromedia flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap
mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang
dikembangkan dikelas VIII SMP Cerdas Murni. Dari hasil uji coba I dan uji coba II
diperoleh : 1) validitas mediapembelajaran yang dikembangkan valid, kepraktisan
media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari : a) kevalidan media
pembelajaran menurut para ahli; b) Angket uji kepraktisan media pembelajaran
matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis dengan nilai uji
kepraktisan minimal 81.46% dan keefektivan media pembelajaran telah memenuhi
kriteria efektif ditinjau dari : a)ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Respon
siswa terhadap media pembelajaran matematika positif; c) penggunaan waktu ideal.
Dan 2) terjadi peningkatan kemampuan visual thinking siswa pada uji coba I yaitu
80,56% meningkat menjadi 94,44% pada uji coba II serta terjadi 3) Skor rata-rata tiap
indikator kemampuan visual thinking juga meningkat dari uji coba I ke uji coba II
dimana indikator pertama yaitu melukis terjadi peningkatan sebanyak 14 point, lalu
diikuti dengan indikator kedua mengidentifikasi terjadi peningkatan sebesar 26 point,
indikator ketiga yakni penjelasan terjadi peningkatan sebesar 57 point, lalu pada
indikator merepresentasikan naik sebesar 2 point, serta pada indikator kelima yakni
mengoperasikan naik sebesar 29 point.