Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) Pengaruh yang signifikan penerapan
model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Interaksi antara kemampuan
awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa. (3) Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) dan model problem posing terhadap motivasi
belajar siswa. (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model
pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua
kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Numbered Head Together (NHT) dan
kelas eksperimen dengan model problem posing. Populasi dan sampel penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah yaitu kelas VIII A dan
kelas VIII B dengan jumlah masing-masing kelas 22 siswa. Instrumen yang
digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes
kemampuan pemecahan masalah, (3) Angket motivasi belajar siswa. Data dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis
inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang mana angka signifikasi
modelnya 0,003 < 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika
dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan
angka signifikasi Corrected Model yaitu 0,004 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang
signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan
model problem posing terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi
modelnya 0,004 < 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika
dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi
Corrected Model yaitu 0,037 < 0,05.