Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala
sekolah SMP Negeri 1 Kutalimbaru, untuk mengetahui bentuk pemberdayaan
yang dilakukan kepala sekolah SMP Negeri1 Kutalimbaru. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriprif yang berusaha mendeskripsikan
dan menginterpretasikan data yang ada, disamping itu penelitian deskriptif
terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau dalam keadaan ataupun
peristiwa sebagaimana adanya, sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta
(fact finding). Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi,
wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala
sekolah SMP Negeri 1 Kutalimbaru menerapkan kepemimpinan demokratis
dalam menjalankan tugasnya, kepala sekolah menjadikan bawahannya sebagai tim
untuk bekerjasama dalam menjalankan program – program disekolah. Kepala
sekolah selalu memberi dukungan kepada guru – guru untuk mengikuti pelatihan
– pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, kepala
sekolah secara terbuka menerima ide dan masukan dari bawahannya. Kepala
sekolah memberi kebebasan kepada guru dalam merancang metode pembelajaran
yang sesuai, mendorong guru untuk berbagi ide dan praktik baik seperti guru
penggerak yang ada di sekolah berbagi praktik baik yang telah mereka dapat
dengan guru – guru yang ada di SMP Negeri 1 Kutalimbaru. Guru yang sudah
diberdayakan oleh kepala sekolah merasa dihargai dan merasa lebih semangat
untuk mengikuti pelatihan yang akan menambah pengetahuan dan keterampilan
mereka dalam pembelajaran, sehingga memberi motivasi kepada siswa untuk
lebih aktif mengikuti pembelajaran di kelas.