Abstract:
Penelitian pengembangan ini dilangsungkan dengan tujuan mengembangkan
media pembelajaran digital dengan cara mengombinasikan dua media publikasi
dan platform digital yakni web-blog dan YouTube (B-Tube) sebagai inovasi media
pembelajaran statistika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini juga dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kevalidan atau validitas
produk B-Tube, kepraktisan produk B-Tube, dan efektifitas peningkatan hasil
belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui
pembelajaran menggunakan produk pengembangan B-Tube. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development
(R&D) dengan model penelitian pengembangan Level 1 oleh Sugiyono. Subjek
dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Mutiara tahun
ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 28 siswa. Jenin data dalam penelitian
ini adalah data kuantitatif. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan analisis statistik. Instrumen penelitian yang di gunakan dalam
penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa,
angket respon pengguna oleh guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Kombinasi Blog dan YouTube (B-Tube)
sebagai produk penelitian pengembangan ini dinyatakan valid atau valid
digunakan, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan analisa hasil
akhir pengujian B-Tube sebagai produk penelitian pengembangan ditunjukkan
bahwa ahli media memberi skor 4.592 dengan kategori sangat valid, ahli materi
sebesar 4.27 dengan kategori valid dan ahli bahasa sebesar 4.567 dengan kategori
sangat valid. Sedangkan berdasarkan respon pengguna guru dan siswa
menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 100% dengan kategori sangat
praktis. Hingga uji efektifitas peningkatan hasil belajar menggunakan N-Gain
dalam penelitian menunjukkan hasil N-Gain Skor sebesar 0.71 atau N-Gain (%)
sebesar 71.07 dengan kriteria peningkatan hasil belajar tinggi berdasarkan kriteria
N-Gain menurut Melzer.