Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap kererampilan
numerasi siswa pada matematika kelas V SD Asuhan Jaya. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Asuhan Jaya. Jenis model penelitian ini adalah quasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 49 siswa.
Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling dimana pengambilan
sampel secara acak, sehingga terdapat dua kelas yang akan dmenjadi sampel
penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen pembelajaran menggunakan
strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dan kelas V B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa berrdasarkan hasil belajar siswa yang diberi perilakuan
dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer diperoleh rata rata 78.88. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan konvesional
diperoleh rata-rata 76.82. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat t-hitung =
2,119 dengan t-tabel = 1,67793 dimana 2,119 > 1,67793 yang berarti bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh
positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting
Answer (GQGA) terhadap keterampilan numerasi siswa pada pembelajaran
matematika di kelas V SD Asuhan Jaya.