Research Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KETERAMPILAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD ASUHAN JAYA TAHUN AJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.author ELIYATI
dc.date.accessioned 2024-05-06T02:57:45Z
dc.date.available 2024-05-06T02:57:45Z
dc.date.issued 2024-03-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23660
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap kererampilan numerasi siswa pada matematika kelas V SD Asuhan Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Asuhan Jaya. Jenis model penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling dimana pengambilan sampel secara acak, sehingga terdapat dua kelas yang akan dmenjadi sampel penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dan kelas V B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berrdasarkan hasil belajar siswa yang diberi perilakuan dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer diperoleh rata rata 78.88. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan konvesional diperoleh rata-rata 76.82. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat t-hitung = 2,119 dengan t-tabel = 1,67793 dimana 2,119 > 1,67793 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan numerasi siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Asuhan Jaya. en_US
dc.subject Strategi Giving Question and Getting Answer en_US
dc.subject Keterampilan Numerasi en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KETERAMPILAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD ASUHAN JAYA TAHUN AJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account