Abstract:
Kajian ini bertujuan 1) Untuk mengembangan perangkat bahan ajar matematika yang
berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) juga Technology Pedagogy and
Content Knowledge (TPACK) pada materi Sistem Koordinat juga Vektor pada bijugag
datar. 2) Untuk mendeskripsikan perangkat bahan ajar matematika yang berorientasi pada
Higher Order Thinking Skills (HOTS) juga Technolgy Pedagogical Content Knowledge
(TPACK) pada materi Sistem Koordinat juga Vektor pada bijugag datar efektif. Kajian
ini yakni kajian research and development (R&D) dengan model kajian 4-D Thiagarahan:
define (Pendefenisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan) and deesimanate
(Penyebaran). Sampel kajian yakni siswa kelas X-B MAN 2 Mejuga Tahun Ajaran
2022/2023 berjumlah 38 orang. Jenis data berupa data kuantitaif juga kualitatif dengan
instrument kajian lembar validasi, tes hasil belajar juga angket respon peserta didik.
Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa perangkat bahan ajar matematika yang
berorientasi HOTS juga TPACK dinyatakan valid, praktis, efektif yang di tunjukkan oleh
skor rata-rata yang diberikan para validator yakni RPP sistem koordinat juga vektor
dengan skor rata-rata 3,67 memliki tingkat validitas Baik, data kepraktisan dengan jumlah
rata-rata 1,9 memiliki kategori Sangat Baik ,sejugagkan skor yang peroleh untuk
keefektifan materi sistem koordinat sebesar 81,57% , vektor juga operasi vektor 86,84%.
Hasil tes kemampuan berpikir HOTS diperoleh skor presentase sistem koordinat sebesar
80%, vektor sebesar 78% juga operasi vektor sebesar 75% dengan kategori masing
masing baik juga cukup.