Abstract:
Rumusan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan buku
digital siswa berbasis Flip Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada
Materi Bangun Ruang Sisi Datar? 2) Bagaimana tingkat kevalidan buku digital
siswa berbasis Flip Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi
Bangun Ruang Sisi Datar? 3) Bagaimana tingkat kelayakan buku digital siswa
berbasis Flip Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun
Ruang Sisi Datar? 4) Bagaimana respon siswa terhadap buku digital siswa berbasis
Flip Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi
Datar?
Tujuan Penelitian adalah 1) Memperoleh buku digital siswa berbasis Flip
Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi
Datar. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan buku digital siswa berbasis Flip
Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi
Datar. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan buku digital siswa berbasis Flip
Pdf Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi
Datar. 4) Untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan buku digital siswa berbasis Flip Pdf
Professional dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE
yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Tahap-tahap dari
pengembangan ini yaitu: analysis, design, development implementation and
evaluation. Hasil dari penelitian ini berupa suatu buku siswa digital berbasis
aplikasi flip PDF profesional yang berbentuk flipbook. Hasil analisa kevalidan ahli
materi menunjukkan bahwa buku digital tersebut memenuhi kategori valid dengan
skor rata-rata sebesar 2,8, kevalidanan ahli media menunjukkan bahwa buku siswa
digital memenuhi kategori sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 3,4 dan
kevalidan ahli pendidik menunjukkan bahwa materi yang dipaparkan dalam buku
digital tersebut memenuhi kategori sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 3,1.
Adapun hasil respon siswa dalam menanggapi buku siswa digital berbasis aplikasi
flip PDF profesional diperoleh kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata
sebesar 3,3 yang diuji cobakan pada kelas kecil yang berjumlah 5 orang dan pada
tahap implementasi buku siswa digital ini memperoleh skor rata-rata sebesar 3,5
dengan kategori sangat baik yang diuji cobakan kepada siswa yang berjumlah 23
orang.