Research Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIANITA PURBA, SRIWAHYUNI
dc.date.accessioned 2024-03-02T03:16:30Z
dc.date.available 2024-03-02T03:16:30Z
dc.date.issued 2020-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23525
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengetahui : (1) Adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (2) Adanya Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa. (3) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa. (4) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari tujuh rombongan belajar dengan jumlah siswa 219 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen XI MIA-2 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol XI MIA-1 berjumlah 32 orang. Uji prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas menggunakan uji Lavene Statistic. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Analisis Two Way Anova (Analisis Anava Dua Jalur) dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 28,5%; (2) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa sebesar 28,8%, (3) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap minat belajar matematika siswa. en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division en_US
dc.subject kemampuan representasi matematis en_US
dc.subject minat belajar siswa en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account