Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengetahui : (1) Adanya pengaruh
pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis
siswa. (2) Adanya Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat
belajar siswa. (3) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan
representasi matematis siswa. (4) Adanya Pengaruh interaksi antara kemampuan
awal siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat
belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian
eksperimen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen dan pembelajaran
konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdaftar pada tahun pelajaran
2019/2020 yang terdiri dari tujuh rombongan belajar dengan jumlah siswa 219
orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen XI
MIA-2 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol XI MIA-1 berjumlah 32
orang. Uji prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas menggunakan uji Lavene Statistic. Pengujian
hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Analisis Two Way Anova
(Analisis Anava Dua Jalur) dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif
tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 28,5%; (2)
terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar
siswa sebesar 28,8%, (3) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal
siswa dan model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis
siswa, (4) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan awal siswa dan model
pembelajaran terhadap minat belajar matematika siswa.