Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Pelayanan, Promosi,
Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Word Of Mouth (WOM) Travel Haji
dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri, populasi penelitian berjumlah 296
orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
pengambilan sensus, dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang namun kuesioner
yang kembali berjumlah 63 kuesioner. Dikarenakan sebanyak 11 jamaah tidak
mengisi kuesioner yang di sebarkan secara online.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan melakukan
pengumpulan data dengan metode penyebaran angket online, dan menggunakan
teknik analisis jalur menggunakan alat aplikasi smart PLS.
Hasil penelitian menunjukkan Pelayanan memiliki pengaruh terhadap
kepuasan pelanggan Travel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri, Promosi
memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Travel Haji dan Umroh PT.
Cahaya Sukses Mandiri, Harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan
Travel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri, Pelayanan memiliki pengaruh
terhadap Word of mouthTravel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri,
Promosi tidak memiliki pengaruh terhadap Word of mouthTravel Haji dan Umroh
PT. Cahaya Sukses Mandiri, Harga tidak memiliki pengaruh terhadap Word of
mouthTravel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri, Kepuasan Pelanggan
tidak memiliki pengaruh terhadap Word of mouthTravel Haji dan Umroh PT.
Cahaya Sukses Mandiri, Kepuasan pelanggan tidak memediasi pengaruh antara
pelayanan terhadap Word of mouthTravel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses
Mandiri, Kepuasan pelanggan tidak memediasi pengaruh antara promosi terhadap
Word of mouthTravel Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri, dan Kepuasan
pelanggan tidak memediasi pengaruh antara harga terhadap Word of mouthTravel
Haji dan Umroh PT. Cahaya Sukses Mandiri