Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
video terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi di SMKS PAB 2
Helvetia pada materi Pajak Penghasilan Orang Pribadi setelah menggunakan
media video pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Juli. Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMKS PAB 2
Helvetia yang berjumlah sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Media yang digunakan oleh peneliti pada penelitian
ini yaitu media video pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas dan uji validitas tes di mana soal yang digunakan oleh
peneliti dalam penelitian ini adalah soal essay yang berjumlah sebanyak 6
butir soal yang dilakukan selama enam kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis diperoleh
thitung > ttabel (6,657 > 0,306) sehingga jatuh pada daerah penolakan Ho
dan penerimaan Ha dalam hal ini pengajuan hipotesis diterima. Skor nilai
hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKS PAB 2 Helvetia terhadap
materi Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) sebelum diajar
menggunakan media adalah 19,9% sedangkan skor nilai hasil belajar siswa
kelas XI Akuntansi SMKS PAB 2 Helvetia terhadap materi Pajak
Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) setelah diajar dengan menggunakan
media adalah 77,1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil
belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran
berupa video