Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV
SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat yang masih tergolong rendah.
Guru kelas mengemukakan bahwa masih banyak siswa yang menjawab soal
dengan jawaban yang sama persis dengan sesama temannya. Siswa kesulitan saat
diberikan permasalahan yang berbeda dari contoh. Serta kurangnya keaktifan atau
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, karena siswa lebih
cenderung mendengarkan yang dijelaskan oleh guru. Ketika guru memberi
kesempatan untuk bertanya, siswa hanya diam walaupun mereka belum
memahami tentang materi yang telah diajarkan. Sehingga tujuan penelitian ini
yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
(Numbered Head Together) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV
SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan
dengan sampel sebanyak 2 kelas yakni kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang
diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
(Numbered Head Together) dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan kelas
IV-B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan model
pembelajaran Jigsaw dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pada hasil uji
hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji T dengan taraf signifikan 0,05
dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka, H0 diterima jika thitung <
ttabel, dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Hasil perhitungan uji hipotesis
menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 2,4033 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha
diterima, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model
pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang
Kabupaten Langkat.