Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN 050592 PADANG BRAHRANG KABUPATEN LANGKAT

Show simple item record

dc.contributor.author HIKMAYANTI, SINTYA NUR
dc.date.accessioned 2023-11-29T03:12:36Z
dc.date.available 2023-11-29T03:12:36Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23384
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat yang masih tergolong rendah. Guru kelas mengemukakan bahwa masih banyak siswa yang menjawab soal dengan jawaban yang sama persis dengan sesama temannya. Siswa kesulitan saat diberikan permasalahan yang berbeda dari contoh. Serta kurangnya keaktifan atau interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, karena siswa lebih cenderung mendengarkan yang dijelaskan oleh guru. Ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya, siswa hanya diam walaupun mereka belum memahami tentang materi yang telah diajarkan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel sebanyak 2 kelas yakni kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji T dengan taraf signifikan 0,05 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka, H0 diterima jika thitung < ttabel, dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 2,4033 > 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 050592 Padang Brahrang Kabupaten Langkat. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) en_US
dc.subject Berpikir Kreatif en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN 050592 PADANG BRAHRANG KABUPATEN LANGKAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account