Abstract:
keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Untuk itu dibutuhkan suatu
penelitian agar mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut
terhadap keputusan pembelian Shopee Food Kota Medan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menguji dan menganalisis secara langsung maupun secara tidak
langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Pada Shopee
Food Kota Medan yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan accindental sampling yang berjumlah 100 orang pelanggan Pada
Shopee Food Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan
menggunkana uji Analisis Outer Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software structural
equation model partial least square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung Promosi berpengaruh
signfikan terhadap kepuasan konsumen (sig = 0,041 < 0,05). Kualitas Pelayanan
berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen (sig = 0,004 < 0,05). Promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (sig = 0,002 < 0,05).
Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (sig =
0,001 < 0,05). Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen (sig = 0,000 < 0,05). Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening (sig = 0,019
< 0,05). Kualitas Pelayanan berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen
dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening (sig = 0,012 < 0,05).
Kesimpulan penelitian : Promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen, Promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian
sebagai variabel intervening