Abstract:
Public relation merupakan salah satu fungsi penting di dalam organisasi,
terutama dalam hal berkomunikasi dengan publik internal maupun eksternal
mengenai informasi dan pesan pesan tertentu dari organisasi, salah satu
aspek penting public internal dari public relation adalah komunikasi efektif
baik intern, maupun ekstern. Le Polonia Hotel Medan memiliki public
internal yang besar dengan jumlah karyawan sebanyak 112 dari 8
departemen yang ada, sehingga membutuhkan strategi atau praktik terbaik
dalam membangun komunikasi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini
untuk memberikan manfaat untuk mengetahui pemahaman Model
Komunikasi Interpersonal Public Relation dalam komunikasi efektif Public
Internal di Le Polonia Hotel Medan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data dari berbagai macam sumber, yaitu wawancara,
observasi, serta dokumentasi yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan
dan kemudian didokumentasikan secara pribadi melalui gambar dan foto.
Adapun tahapan dalam proses analisis data yaitu penyeleksian data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini ialah Model Lasswell dan Model S-R (Stimulus Respon) yang
diterapkan saat berkomunikasi antara Public Relation dan Public Internal.
Komunikasi yang efektif antara Public Relation dengan Public Internal yaitu
komunikasi efektif terjadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan
komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan,sehingga
tidak terjadi salah persepsi.