Abstract:
enelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh teknik problem solving
terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiayah 01 Medan.Secara
umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 01
Medan yang berjumlah 244 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel dalam
penelitian ini menggunakan proposive sampling yakni 33 orang siswa kelas VIIIB.Penelitian
ini
menggunakan
product
moment.
Berdasarkan
hasil
penelitian
maka
di
peroleh
hasil
pengujian
korelasi
rxy=0,483
lebih
besar
dari
rtabel=
0,344
(0,483>0,344)
dari
hasil
tersebut
menunjukkan
bahwa
pengaruh
antara
teknik
problem
solving
terhadap minat belajar adalah positif. Dari hasil penelitian di
peroleh thitung= 3,072 sedangkan ttabel=2,036. Berdasarkan uji hipotesis kedua data
tersebut diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,072> 2,036, maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan teknik problem
solving terhadap minat belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 01
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.