Research Repository

Tinjauan Yuridis Terhadap Jual Beli Canva Premium lifetime Yang Dilakukan Pihak Ketiga Melalui Platform Media Sosial Dan E Commerce

Show simple item record

dc.contributor.author Hasugian, A. Jawari
dc.date.accessioned 2023-11-22T08:11:35Z
dc.date.available 2023-11-22T08:11:35Z
dc.date.issued 2023-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22500
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keabsahan jual beli Canva premium yang dilakukan oleh pihak ketiga yang dilakukan melalui platform media sosila dan e-commerce, akibat hukum yang ditimbulkan dari praktik ini dan bagaimana perlindungan hukum yang diberikan kepada penyedia layanan. Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam jenis penelitian hukum Normatif (Yuridis Normatif) yaitu jenis penelitian yang disebut juga penelitian hukum doktrinal. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data dari hukum islam, bahan hukum primer yaitu undang-undang, bahan hukum sekunder yaitu buku-buku yang terkait dengan penelitian dan bahan hukum tersier berupa kamus hukum atau ensiklopedia Berdasarkan hasil penelitian bahwa keabsahan perjanjian jual beli Canva Premium Lifetime yang dilakukan oleh pihak ketiga melalui platform media sosial dan E-commerce secara yuridis belum memenuhi syarat-syarat yang terkandung dalam pasal 1320 KUH Perdata Jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaaksi Jo Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Sistem dan Transasi Elektronik yaitu syarat sebab yang halal, Akibat hukum yang ditimbulkan dari penjualan layanan Canva Premium Lifetime yang dilakukan oleh pihak ketiga batal demi hukum (Syarat Obyektif): Artinya bahwa dari semula dianggap tidak pernah ada dilahirkan suatu perjanjian atau perikatan, tanpa harus dibatalkan di pengadilan, Perlindungan hukum terhadap tindakan penjualan akun Canva secara ilegal dilakukan melalui perlindungan hukum preventif dan represif en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Jual Beli en_US
dc.subject Canva en_US
dc.subject Pihak ketiga en_US
dc.title Tinjauan Yuridis Terhadap Jual Beli Canva Premium lifetime Yang Dilakukan Pihak Ketiga Melalui Platform Media Sosial Dan E Commerce en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account