Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey yang dimana metode ini
bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah data dan mengumpulkan informasi dari
responden dengan menggunakan kuisioner. Sampel penelitian ini adalah pemilik
usaha emping melinjo, karyawan-karyawan, dan konsumen yang akan diwawancarai
seputar yang dibutuhkan penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal
dalam mengembangkan Agroindustri emping mlinjo UD. Ataka Baru yaitu kualitas
emping baik, rasa emping enak, mutu produk tergantung cuaca dan strategi promosi
masih sederhana. Sedangkan faktor eksternal meliputi memiliki pelanggan setia,
tingginya permintaan pasar, bahan baku yang tidak selalu tersedia dan persaingan
ketat. Alternatif strategi yang cocok diterapkan dalam pengembangan agroindustri
emping melinjo berada pada kuadran I, pada matriks posisi SWOT. Oleh karena itu,
maka strategi yang cocok untuk digunakan adalah SO (Strength-Oppurtunities).
Mempertahankan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh agroidustri emping melinjo seperti
memiliki kualitas emping yang baik dapat, mempertahankan cita rasa yang enak dan tetap
mempertahankan bahan baku yang berkualitas meskipun harga bahan baku tidak stabil.