Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh online
customer review terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, dan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh online customer review dan promosi
terhadap keputusan pembelian Mahasiswa UMSU di TikTok Shop. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, dan Ilmu
Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang berjumlah
6668 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang
dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software
SPSS (versi 24.00). Secara parsial online customer review memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promosi memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan online
customer review dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian Mahasiswa UMSU di TikTok Shop.