Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
ada pengaruh layanan informasi terhadap kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA
Swasta Persiapan Stabat tahun ajaran 2017/2018.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan
informasi terhadap kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA Swasta Persiapan
Stabat tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu mengetahui hubungan variabel
bebas (layanan informasi) dan variabel terikat (Kecerdasan Emosi). Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket
tertutup.
Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 30
pernyataan yang terdiri 15 item angket layanan informasi dan 15 item angket
kecerdasan emosi. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPS1 dan kelas XI IPS2 SMA Swasta Persiapan Stabat yang berjumlah 57 siswa.
Hasil analisis korelasi termasuk dalam kategori interpretasi cukup,
mengemukakan ada hubungan positif antara layanan informasi dengan kecerdasan
emosi, rhitung 0,449 rtabel 0,2609 dan hal ini dapat dipahami bahwa ℎ >
atau 0,449 > 0,2609, berari ada hubungan antara variabel X dan Variabel Y.
Sedangkan nilai uji ℎ sebesar 3,727 dan 2,004 hal ini menunjukkan
adanya hubungan signifikan antara layanan informasi dengan kecerdasan emosi
karena thitung > ttabel atau 3,727 > 2,004.
Ternyata (thitung > ttabel ) maka Ha diterima dan Ho di tolak, sehingga ada
pengaruh layanan informasi terhadap kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA
Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2017/2018.