Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media flash card hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al Qur’an. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis
penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII- 3 sebagai Kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang digunakann adalah tes membaca Al Qur’an, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah uji idependen semple t-tes. Berdasarkan hasil
analisis data dengan menggunakan uji idependen semple t test
diperoleh nilai sig(2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05)
sebagaimana Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil jumlah rata-rata
kelas eksperimen sebesar 85,66 sedangkan hasil jumlah rata-rata
kelas kontrol sebesar 67,16.Hal ini menunjukan ada perbedaan
kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa antara menggunakan
media flash card hijaiyah dengan media iqro sehingga dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media flash card hijaiyah
berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP
PAB 5 Patumbak.