Abstract:
utama yang tidak mungkin dapat dihindari karena sudah merupakan
kewajiban menyelanggarakan pelayanan dengan menciptakan pelayanan terbaik
kepada masyarakat karena telah menjadi sebuah kewajiban maka sepatutnya
pemerintah Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara
dapat mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelayanan penerbitan
data kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil sehingga
membutuhkan waktu yang lama untuk membuat data kependudukan. Hal-hal
seperti inilah yang sering kali menjadi kendala yang ditemukan dalam proses
pembuatan data kependudukan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Tapanuli Utara.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Tapanuli Utara dalam
pelayanan pembuatan data kependudukan dan juga untuk mengetahui kendala
Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara dalam
penerbitan data kependudukan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian yuridis
empiris yang diambil dari data primer dengan melakukan wawancara kepada
imforman kepala bagian pembuatan kartu keluarga, dan data sekunder dengan
mengelola data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan
hukum tersier.
Berdasrkan hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pembuatan data
kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli
Utara belum memaksimalkan pelayanannya sesuai dengan yang ditetapkan oleh
pemerintah, maka pelayanan sarana dan prasarana berada pada tataran yang
efektif namun masih terdapat sejumlah aspek yang perlu untuk diperbaiki, seperti
kurangnya fasilitas dan juga sumber daya manusia yang terampil dalam
pengerjaannya dan peran aktif masyarakat.