Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kompetensi profesional terhadap kinerja guru, pengaruh lingkungan kerja
terhadap kinerja guru, pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi kerja,
pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja, pengaruh motivasi kerja
terhadap kinerja guru, pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru
melalui motivasi kerja, dan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru
melalui motivasi kerja. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 55
responden yang merupakan guru SMA Negeri 13 Medan. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara dan daftar pertanyaan seperti kuesioner serta
Teknik Analisis Data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk
menguji tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini
menunjukkan kompetensi profesional memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru, kompetensi profesional memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap motivasi kerja, lingkungan kerja tidak memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, motivasi kerja memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi profesional memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja, dan
lingkungan kerja tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
guru melalui motivasi kerja di SMA Negeri 13 Medan