Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pelaku Usaha Kecil
Menengah melaksanakan komunikasi pemasaran Digital menggunakan media
sosial dalam Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Masa Pandemi Covid 19, (2) menganalisis hambatan Transformasi Komunikasi Pemasaran Digital
Dalam Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Masa Pandemi Covid-19 di
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang
digunakan pada penelitian ini adalah teori News Media. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Dengan narasumber sebanyak delapan orang, yang terdiri dari tujuh
pelaku Usaha Kecil Menengah dan satu orang Informan dari Dinas Koperasi dan
Galeri Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara. Teknik pengumpulan
data ini ialah dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Transformasi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Pemasaran Produk
Usaha Kecil Menengah dimasa Pandemi Covid-19 sudah berjalan sesuai dengan
proses Transformasi komunikasi pemasaran Digital saat ini. Namun, hambatan
Transformasi Komunikasi Pemasaran Digital juga dialami oleh para pelaku Usaha
Kecil Menengah yakni, permasalahan integrasi, kekurangan interaksi langsung,
keamanan dan privasi, serta kekurangan kepercayaan.