Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja STIE Sultan Agung Pematangsiantar dengan pendekatan balanced scorecard.Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja STIE Sultan Agung terhadap empat perspektif kinerja yang ada di balanced scorecard yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data primer berupa kuisioner digunkan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sedangkan pengukuran terhadap kinerja keuangan dan perspektif proses bisnis internal menggunkan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah para mahasiswa dan juga pegawai yang ada di STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja STIE Sultan Agung secara keseluruhan berada pada kondisi cukup baik. Hasil pengukuran analisis kinerja balanced sorecard pada Perspektif pelanggan di STIE Sultan Agung menunjukkan kinerja cukup. Hasil pengukuran analisis kinerja balanced sorecard pada Perspektif Keuangan di STIE Sultan Agung menunjukkan kinerja yang baik dimana kinerja keuangan STIE Sultan Agung menunjukkan cukup ekonomis, efektif dan juga sangat efisien. Hasil pengukuran analisis kinerja balanced sorecard pada Perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja cukup. Hasil pengukuran analisis kinerja balanced sorecard pada Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja cukup baik.