Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Strategi Komunikasi
Pemasaran Vizta Gym Focal Point Terhadap Minat Eksternal” dengan
mengadopsi teori bauran pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, dan
Promotion). Penyusunan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif assosiatif
kausal, yang mana penelitian ini bersifat untuk menanyakan hubungan antara dua
variabel atau lebih dengan pengumpulan data menggunakan analisis data yang
bersifat statistik (numerik) untuk menguji serangkaian hipotesis yang sebelumnya
telah ditetapkan dengan bantuan aplikasi SPSS 25.00. Populasi pada penelitian
merupakan member di Vizta Gym Focal Point dengan teknik pengumpulan sampel
menggunakan teknik Simple Random Sampling yang mana pemilihan sampel
penelitiannya dengan cara memberikan kesempatan yang sama pada seluruh
populasi untuk dijadikan sampel, namun hanya akan melakukan satu tahap prosedur
pemilihan sampel saja sehingga ditetapkan total sampel sebanyak 80 responden.
Berdasarkan hasil penelitian uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa Produk (X1)
tidak berpengaruh terhadap Minat Eksternal pada Vizta Gym Focal Point, Harga
(X2) tidak berpengaruh terhadap Minat Eksternal pada Vizta Gym Focal Point,
Lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Eksternal pada
Vizta Gym Focal Point, dan Promosi (X4) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Minat Eksternal pada Vizta Gym Focal Point. Berdasarkan hasil penelitian
uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa Produk, Harga, lokasi, dan Promosi secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Eksternal pada Vizta
Gym Focal Point. Dan nilai pada Adjusted R Square diperoleh yaitu sebesar 0,624
(62,4%). Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel dependen (Minat Eksternal)
memiliki kemampuan yang kuat (0,60-0,799) dalam menjelaskan variasi variabel
dependen pada penelitian ini.