Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada
kelas V SD Negeri 050592 Padang Brahrang dengan menerapkan model
pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus.
Dengan subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 050592 Padang Brahrang
yang berjumlah 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan
model Project Based Learning. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat
dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat
sebanyak 18 siswa yang aktif dengan klasikal 60% sedangkan terdapat sebanyak
12 siswa dengan klasikal 40% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran
matematika. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 26 siswa yang
aktif dengan klasikal 86,67% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif
dengan klasikal 13,33%. Karena secara klasikal telah mencapai 86,67% siswa
yang aktif maka penelitian ini dikatakan berhasil.