Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cultural Responsive
Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIS YMPI Tanjung
Balai. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV MIS YMPI
Tanjung Balai. Sampel yang digunakan sebanyak 44 orang dari 2 kelas yang
berbeda. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen
pengumpulan data menggunakan tes. Peneliti membagi kedalam 2 kelompok kelas
yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan metode Cultural Responsive
Teaching dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan rumus uji t. Berdasarkan
data yang terkumpul dan pengujian hipotesis diketahui bahwa hasil dari nilai
Sig.(2-tailed) ialah 0,000 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa kelas IV MIS YMPI Tanjung Balai.