Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, pengaruh komunikasi terhadap kinerja
pegawai, pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja, pengaruh
komunikasi terhadap motivasi kerja, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja
pegawai, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai yang dimediasi
motivasi kerja. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian
survey, karena mengambil sampel dari satu populasi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian eksplanatori dengan sampel sebanyak 37 orang yang
merupakan staf dan kepala bidang (Pegawai Negeri Sipil) yang bekerja pada Kantor
Pariwisata Kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan
kuisioner/angket serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik yakni
partialleastsquare-structuralequestion model (PLS-SEM) yang bertujuan untuk
melakukan analisis jalur (path) dengan variabel laten. Hasil penelitian menunjukan
bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pegawai, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai,
motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, budaya
organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, komunikasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, budaya organisasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dimediasi oleh
motivasi kerja, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pegawai dimediasi oleh motivasi kerja