Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar
dengan berbasis model advance organizer dalam memahami materi aljabar pada
siswa SMP Negeri 20 Medan. Untuk mengetahui bagaimana kelayakan
pengembangan bahan ajar matematika dengan dengan berbasis model advance
organizer dalam memahami materi aljabar pada siswa SMP Negeri 20 Medan.
Metode yang digunakan Research and Develpoment (Sugiono, 2016:409),
Validasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah 1 dosen ahli materi dan 2 guru
ahli materi di SMP Negeri 20 Medan, dari hasil validator ahli materi pada tahap I,
pada validator pertama memperoleh nilai 60,5% dengan kriteria “kurang layak”,
validator kedua memperoleh nilai 58,6% dengan kriteria “kurang layak” dan
validator ketiga memperoleh nilai 57,6% dengan kriteria “ kurang layak”. Dari
validasi tahap I memiliki nilai rata-rata sebesar 58,2% dengan kriteria “kurang
layak”. Sedangkan validasi ahli materi tahap II pada validasi pertama memperoleh
nilai 82,6% dengan kriteria sangat baik, validasi kedua memperoleh nilai 80,7%
dengan kriteria “sangat layak” dan validasi ketiga memperoleh nilai 76,9%
dengan kriteria “layak”. dari ketiga validator memiliki nilai rata-rata 80% dengan
kriteria “layak”. Hasil ujicoba produk pada angket respon siswa, Pada uji coba
kelas kecil memperoleh nilai rata-rata 87,4% dengan kriteria “sangat menarik”,
Hasil ujicoba produk pada angket respon siswa pada uji coba lapangan
memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kriteria “sangat menarik”