Research Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCESISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWASMP SWASTA AMALYATUL HUDA

Show simple item record

dc.contributor.author RIZKI SIMANULLANG, SYAIPUL
dc.date.accessioned 2023-07-17T02:39:57Z
dc.date.available 2023-07-17T02:39:57Z
dc.date.issued 2023-02-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20850
dc.description.abstract Kebanyakan siswa hanya terfokus dengan apa yang diajarkan oleh gurunya, siswa tidak banyak terlibat dalam mengkonstruksi pengetahuannya dan hanya menerima informasi yang disampaikan guru, kurangnya kemampuan dalam mendefinisikan kembali materi yang diajarkan dengan bahasa sendiri, dan kurang percaya akan kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri yang menyebabkan tidak berani dalam mencoba untuk melakukan suatu hal. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yaitu kelas IX-A menggunakan model guided discovery learningdan kelas eksperimen II yaitu kelas IX-B menggunakan model problem based learning.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 2) Perbedaan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 3) Hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning; 4)hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Instrumentyang digunakan yaitu tes, angket, dan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 2) terdapat perbedaan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning; 4) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran problem based learning. en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Self ConfidenceSiswa en_US
dc.subject Guided Discovery Learning en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCESISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWASMP SWASTA AMALYATUL HUDA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account