Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Komunikasi yang baik sebagai kunci
dalam memberikan pelayanan publik bagi pengguna pelayanaan. Tujuan
Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis strategi komunikasi yang
diterapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan publik
kepada masyarakat di Kelurahan Se-Kecamatan Sei Tualang Raso Kota
Tanjungbalai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah
metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan
narasumber berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
strategi komunikasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Memberikan Pelayanan
Publik Kepada Masyarakat di Kelurahan Se-Kecamatan Sei Tualang Raso Kota
Tanjungbalai yaitu 1) komunikator ASN sudah berjalan dengan baik sehingga
komunikasi lebih terarah, 2) pesan yang disampaikan sudah baik dan dapat
dipahami masyarakat, 3) media yang digunakan dalam menyampaikan informasi
mulai dari papan tulis hingga media sosial, 4) komunikan yaitu masyarakat pada
dengan tingkat pemahaman yang berbeda dan 5) dampak yang ditimbulkan yaitu
adanya opini negatif dari masyarakat terhadap pelayanan publik. Hambatan yang
dihadapi yaitu 1) kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pengurusan surat menyurat, 2) masyarakat sering lupa membawa data diri dalam proses
penyelesaian administrasi dan 3) masyarakat tidak sabar dalam menunggu proses
penyelesaian administrasi publik