Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keterampilan
berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti sebelum menggunakan
metode pembelajaran pengaruh penggunaan metode Show and Tell. (2)
Mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti
sesudah menggunakan metode pembelajaran Show And Tell. (3) Mengetahui
pengaruh metode pembelajaran Show and Tell terhadap keterampilan
berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta
Surya Bakti yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan
sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian : (1) Sebelum menggunakan metode pembelajaran
Show And Tell bahwa nilai rata-rata siswa masih rendah yaitu 66,57. (2) Sesudah
menggunakan metode pembelajaran Show and Tell nilai rata-rata siswa meningkat
yaitu 89,07. (3) Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan
hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05
diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan
diterima dan ditolak. Hasil analisis data tersebutdapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan
demikian terdapat pengaruh penggunaan metode Show and Tell terhadap
keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti tahun ajaran
2022/2023.