Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional,
motivasi kerja, dan optimisme akademik terhadap efektivitas kinerja guru SMK
Negeri Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri
Kabupaten Batu Bara Yang tersebar di seluruh Kabupaten Batu Bara Provinsi
Sumatera Utara dengan Jumlah sampel yakni 127 orang. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan angket dan teknik analsiis data yakni validitas,
reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh
kompetensi profesional terhadap efektivitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t
hitung sebesar 2,826 dengan perolehan nilai Sig 0,006 < 0,05 dan Hasil analisis
regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .147X1, yang
berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kompetensi profesional akan diikuti
peningkatan nilai efektifitas kinerja guru.sebesar 0,147. Terdapat pengaruh
motivasi kerja terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung
sebesar 6,823 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi
sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .289 X2 yang berarti
bahwa setiap peningkatan satu nilai Budaya Organisasi akan diikuti peningkatan
nilai efektifitas kinerja guru sebesar 0,289. Terdapat pengaruh optimisme
akademik terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar
3,976 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana
menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ 0,233 X3 yang berarti bahwa setiap
peningkatan satu nilai optimisme akademik akan diikuti peningkatan nilai
efektifitas kinerja guru sebesar 0.233. Terdapat pengaruh kompetensi profesional
(X1), motivasi kerja (X2) dan optimisme akademik (X3) secara bersama-sama
terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai F hitung sebesar 69.692
dan signifikansi (Sig.) 0,000 Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh
koefisien determinasi R2 (R square) = 63.0 yang berarti bahwa Kompetensi
Profesional (X1), Motivasi Kerja (X2) dan Optimisme Akademik (X3) secara
bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Efektifitas Kinerja Guru sebesar
63.0 % dan sisanya yaitu 37.0% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis
regresi sederhana menunjukkan persamaan Ŷ = 1.104+.0,147 X1 + 0,289 X2 +
0,233 X3 + e.