Research Repository

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN OPTIMISME AKADEMIK TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BATU BARA

Show simple item record

dc.contributor.author MARIANUM
dc.date.accessioned 2023-01-04T01:55:27Z
dc.date.available 2023-01-04T01:55:27Z
dc.date.issued 2022-09-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20344
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional, motivasi kerja, dan optimisme akademik terhadap efektivitas kinerja guru SMK Negeri Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Kabupaten Batu Bara Yang tersebar di seluruh Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara dengan Jumlah sampel yakni 127 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analsiis data yakni validitas, reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap efektivitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,826 dengan perolehan nilai Sig 0,006 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .147X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kompetensi profesional akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru.sebesar 0,147. Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 6,823 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .289 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai Budaya Organisasi akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru sebesar 0,289. Terdapat pengaruh optimisme akademik terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 3,976 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ 0,233 X3 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai optimisme akademik akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru sebesar 0.233. Terdapat pengaruh kompetensi profesional (X1), motivasi kerja (X2) dan optimisme akademik (X3) secara bersama-sama terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai F hitung sebesar 69.692 dan signifikansi (Sig.) 0,000 Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 63.0 yang berarti bahwa Kompetensi Profesional (X1), Motivasi Kerja (X2) dan Optimisme Akademik (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Efektifitas Kinerja Guru sebesar 63.0 % dan sisanya yaitu 37.0% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan Ŷ = 1.104+.0,147 X1 + 0,289 X2 + 0,233 X3 + e. en_US
dc.subject Kompetensi Profesional en_US
dc.subject Motivasi Kerja en_US
dc.subject Dan Optimisme Akademik Terhadap Efektivitas Kinerja Guru en_US
dc.title PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN OPTIMISME AKADEMIK TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BATU BARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account