Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung
kepemimpinan instruksional terhadap motivasi kerja guru MIS se-Kecamatan
Rantau Utara di Kabupaten Labuhanbatu; (2) pengaruh langsung iklim sekolah
terhadap motivasi kerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di Kabupaten
Labuhanbatu; (3) pengaruh langsung kepemimpinan instruksional terhadap
kinerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di Kabupaten Labuhanbatu; (4)
pengaruh langsung iklim sekolah terhadap kinerja guru MIS se-Kecamatan
Rantau Utara di Kabupaten Labuhanbatu dan (5) pengaruh langsung motivasi
kerja terhadap kinerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di Kabupaten
Labuhanbatu. Subjek penelitian adalah guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di
Kabupaten Labuhanbatu dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan total sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur
yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) pengaruh langsung
kepemimpinan instruksional terhadap motivasi kerja guru MIS se-Kecamatan
Rantau Utara di Kabupaten Labuhanbatu sebesar 0,245; (2) pengaruh langsung
iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di
Kabupaten Labuhanbatu sebesar 0,255; (3) pengaruh langsung kepemimpinan
instruksional terhadap kinerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di
Kabupaten Labuhanbatu sebesar 0,259; (4) pengaruh langsung iklim sekolah
terhadap kinerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di Kabupaten
Labuhanbatu sebesar 0,189 dan (5) pengaruh langsung motivasi kerja terhadap
kinerja guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara di Kabupaten Labuhanbatu sebesar
0,250. Hasil penelitian memberikan gambaran kepemimpinan instruksional, iklim
sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 20,8% dan sisanya
ditentukan faktor lain yang tidak diteliti.